L O A D I N G
blog banner

Mamalia: Apa yang membuat binatang Mamalia?

Dalam sejarah panjang planet kita, mamalia telah ditinggikan menjadi beberapa spesies paling kompleks dan berpengaruh yang pernah berkeliaran di Bumi. Dianggap sebagai mamalia, manusia bisa dibilang bertanggung jawab atas kemajuan arketipe mamalia itu sendiri. Berkembang, beradaptasi dan terus belajar bagaimana memperbaiki leluhur kita.

Mamalia memiliki distribusi yang lebih luas daripada kelas hewan lainnya dengan pengecualian serangga dan arakhnida tertentu. Kemampuan beradaptasi ini dapat dikaitkan dengan kemampuan mereka untuk mengatur dan menjaga suhu tubuh mereka sesuai dengan lingkungan mereka baik di lingkungan yang panas maupun yang dingin.

Tetapi apa sebenarnya yang membuat kita menjadi mamalia dan apa yang membedakan mamalia dari organisme lain yang kita miliki di planet ini? Baca terus untuk mengetahui apa yang benar-benar membuat hewan lolos ke jajaran mamalia.

Apa yang membuat mamalia?
Mamalia menurut definisi adalah setiap hewan vertebrata yang ditandai dengan memiliki kelenjar susu khusus untuk memberi makan anak-anak mereka, berdarah panas dan memiliki beberapa jenis rambut atau bulu yang menutupi tubuh eksternal mereka.

Ada beberapa pengecualian kecil, seperti mamalia yang hidup di laut seperti paus di mana bulu mereka telah menghilang selama evolusi.

Apa sajakah jenis mamalia yang berbeda?
Secara umum mamalia dapat diklasifikasikan menjadi tiga kategori berbeda berdasarkan cara mereka melahirkan. Jenis pertama adalah mamalia Plasenta, mereka ditandai dengan melahirkan anak yang hidup setelah lahir. Contoh termudah adalah manusia itu sendiri yang melahirkan bayi yang hidup sehat.

Kategori kedua adalah Marsupial, mereka membawa anak-anak mereka dalam jenis kantong seperti kangguru dan koala. Marsupial yang baru lahir tidak sepenuhnya berkembang saat lahir dan terus berkembang di kantong orang tua mereka di luar rahim.

Jenis mamalia yang terakhir disebut Monotremes, dan mereka bereproduksi dengan bertelur seperti Platypus dan Echidnas.

Keanekaragaman Hayati yang Luar Biasa
Sejak awal evolusi, mamalia telah berkembang biak dan berkembang menjadi beberapa spesies yang paling beragam di planet ini. Mulai dari hewan terbesar di planet ini, Paus Biru hingga Bumblebee Bat yang panjangnya hanya sekitar satu inci.

Hampir setiap habitat yang ada pada dasarnya didominasi oleh mamalia.
Mamalia juga memiliki beberapa struktur dan fungsi otak yang paling berkembang di dunia hewan. Dengan otak mereka yang sangat maju, mereka telah mengembangkan bentuk komunikasi antara spesies mereka, telah menunjukkan perilaku emosional dan merupakan hewan yang kompleks secara sosial, seperti halnya manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.