L O A D I N G
blog banner

Fakta Harimau Putih

Harimau Putih adalah salah satu kerabat langka dari kucing besar. Karena mantel putih mereka, mereka sering disebut sebagai harimau yang diputihkan.

Harimau Putih sebenarnya adalah subspesies Harimau dan merupakan variasi pigmen dari Harimau Bengal, kadang-kadang ditemukan di alam liar di anak benua India.


Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Macan Putih:

Pertumbuhan lebih cepat
Macan Putih telah diamati tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kerabat oranye mereka. Mereka lebih besar sejak lahir dan melanjutkan pola itu hingga dewasa. Mereka dianggap sepenuhnya dewasa ketika mereka berusia 2-3 tahun.

Garis-garis unik
Seperti semua harimau, garis-garis mereka bertindak seperti sidik jari. Tidak ada dua harimau yang memiliki pola garis yang sama. Garis-garis mereka juga merupakan bagian dari pigmentasi kulit mereka, yang berarti bahwa jika dicukur, garis-garis mereka akan tetap terlihat dan tumbuh kembali ke dalam mantel putih mereka.
Warna putih mereka sangat langka

Bulu putih mereka adalah hasil dari kekurangan pigmen yang disebut pheomelanin yang terjadi pada harimau jingga alami. Namun ini sangat jarang dan hanya terjadi sekali dalam 10.000 kelahiran.

Selain itu, kedua orang tua harus membawa gen warna putih resesif yang tidak biasa untuk melahirkan bayi harimau putih.

Mereka tumbuh lebih gelap dalam cuaca dingin
Bersama dengan Kucing Siam dan Kelinci Himalaya, Harimau Putih memiliki enzim yang menyebabkan reaksi pada bulu mereka menjadikannya lebih gelap ketika terkena suhu yang lebih dingin.

Ini diyakini disebabkan oleh melemahnya sistem kekebalan yang terkait dengan pigmentasi genetik mereka.
Bulu putih mereka bukan karena albinisme

Harimau Putih adalah subspesies sebenarnya dari Harimau, yang secara resmi dikenal sebagai Harimau Benggala Putih. Tidak seperti albinisme tradisional, mereka masih membawa beberapa jejak pigmen yang menciptakan warna bulu mereka.

Beberapa harimau putih bahkan memiliki jejak warna oranye asli di mantel putih mereka.
Mereka selalu memikat manusia karena keindahan dan kelangkaannya di alam liar.

Mereka adalah hewan yang kuat dan mudah beradaptasi di lingkungan alami mereka tanpa hampir pemangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.